Berita

STIKes Senior Medan Adakan Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan Claresta

Dosen S1 Farmasi STIKes Senior Medan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Claresta Jl. Lingga Raya Kel. Kwala Berlaka Kec. Medan Johor, Sabtu (10/12/2022). Kegiatan Pengabdian yang dilakukan dalam rangka menyambut Natal 2022 tersebut mengambil tema edukasi pola hidup sehat & penggunaan vitamin pada anak-anak.Ketua Panitia Pelaksana, apt. Nasri, M.Farm. dalam sambutannya di awal kegiatan menyampaikan pentingnya menerapkan pola hidup bersih di dalam kehidupan sehari-hari dalam cerminan diri kita sendiri, begitu pula dengan mengonsumsi vitamin.\"Sebenarnya setiap harinya kita sudah mengonsumsi vitamin dari makanan yang kita makan, tapi menjadi penting untuk kita ketahui bersama sumber serta manfaat masing-masing vitamin tersebut di dalam tubuh kita” tutur Nasri, M.Farm.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pola hidup bersih oleh apt. Junius Gian Ginting, M.Farm. “Sejak awal saya sampai di Panti Asuhan ini, saya melihat sepertinya konsep pola hidup bersih sudah diterapkan di panti asuhan ini, karena tidak terlihat adanya sampah berserakan” ujar Junius sebelum pemaparan materi pertama.

Pemaparan materi terkait dengan penggunaan vitamin pada anak-anak diteruskan apt. Hariyadi Dharmawan Syahputra, M.Farm. Ia menjelaskan dengan rutin mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan kita sudah memenuhi beberapa kebutuhan seperti vitamin C pada buah jeruk, vitamin A pada wortel dan termasuk juga vitamin E pada kacang-kacangan.

Ketua Panti Asuhan Claresta, Pdt. Hermon Ginting, S.Th. menyampaikan bahwa materi yang disampaikan pada kegiatan hari ini benar-benar tepat guna untuk diterapkan pada anak-anak di panti Asuhan Claresta. Ia juga menyampaikan pola hidup bersih dan sehat ini sering kali ditekankan untuk dapat menjadi habbit, namun hanya saja karena masih anak-anak, terus harus diingatkan dan diulang-ulang.“Hadirnya bapak dan ibu dosen dari STIKes Senior Medan dengan latar belakang kesehatan pastinya memiliki pengetahuan dan seperangkat alat pendukung dalam menyampaikan materi pada anak-anak.” ucapnya. Dengan adanya aksi pemberian vitamin juga turut mendukung dari materi yang disampaikan sehingga menjadi lebih efektif dan aplikatif. “Dan harapan saya kedepan, semoga kegiatan sejenis seperti ini dapat berlangsung secara rutin misalkan setiap 6 bulan sekali dari kalangan masyarakat lainnya” ujarnya melengkapi.

Pembina Yayasan Senior Power Medan, L. Manullang, SKM., MM. juga selalu berpesan agar untuk dapat terus melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat dengan menerapkan ilmu yang dimiliki agar dapat tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.