Berita

Tim Pengabdian Masyarakat STIKes Senior Medan Gelar Pelatihan Desain Produk Minyak Karo kepada Masyarakat Desa Tangkahan Namorambe Deli Serdang

Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan melakukan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Desa Tangkahan Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang Provinsu Sumatera Utara, Sabtu 14 Oktober 2023.

Kegiatan pengabdian yang dikemas dalam topik \"Pelatihan Desain Produk Minyak Karo sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran\" itu dipimpin Ketua Tim Pengabdian Helen Anjelina Simanjuntak, S.Si, M.Si, dengan anggota Hermawan Purba, M.Sc, Defacto Firmawati Zega, SST, M.Kes., apt. Junius Gian Ginting, S.Farm., M.Farm dan dibantu 5 orang mahasiswa STIKes Senior Medan.

Ketua Tim PengabdianSTIKes Senior MedanHelen Anjelina Simanjuntak, S.Si, M.Smenjelaskan pada kegiatan pengabdian tersebut tim melakukan pelatihan pembuatan desain produk minyak karo langsung kepada peracik minyak karo Desa Tangkahan.

Pelatihan desain diberikan kepada peracik minyak karo Desa Tangkahan Kecamatan Namorambe Deli Serdang itu, dikarenakan salah satu faktor penyebab kurangnya peminat terhadap minyak karo adalah tampilan produk atau kemasan produknya kurang memiliki daya tarik.

\"Salah satu faktor penyebab kurang diminati minyak karo Desa Tangkahan adalah desain atau kemasan kurang menarik karena menggunakan botol-botol bekas. Untuk itu Tim Pengabdian melakukan pelatihan desain produk yang bertujuan untuk meningkatkan peminat minyak karo sehingga berdampak baik pada bidang pemasaran,\" ungkap Ketua Tim Pengabdian, Helen Anjelina Simanjuntak, S.Si, M.Si

Lebih lanjut, Helen Anjelina mengatakan pelatihan dilakukan langsung kepada peracik minyak karo yakni Marliana (Marlin) Br. Bukit dan Jhon Karo didampingi oleh designer produk.

Pelatihan diawali dengan sosialisasi keuntungan desain produk minyak karo yang menarik peminat (costumer), menawarkan pilihan desain yang menarik.

Kemudian memberikan label pada produk sebagai bentuk identitas ataupun ciri khas dari minyak karo milik Marlin dan Johanis Bukit (Jhon Karo).

Selain itu, produk dengan kemasan yang menarik dapat dipasarkan melalui media sosial seperti facebook, TikToK, Instagram dan lainnya, agar minyak karo dapat dikenal hingga mancanegara.

\"Jadi kegiatan Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk memberdayakan peracik minyak karo yang ada di Desa Tangkahan untuk tetap eksis dalam mempertahankan minyak karo sebagai pengobatan tradisional yang dapat dikenal oleh masyarakat luas,\" jelasnya.

Terlaksanakan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat STIKes Senior Medan dengan Skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat DRTPM 2023 telah melakukan kegiatan Pengembangan Usaha Minyak karo melalui pemberdayaan peracik minyak karo yang ada di Desa Tangkahan, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Kegiatan dilakukan pada tanggal 14 Oktober 2023 lalu. Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu Helen Anjelina Simanjuntak, S.Si., M.Si. dengan 3 anggota dosen lainnya yaitu Hermawan Purba, M.Sc., Defacto Firmawati Zega, SST., M.Kes., apt. Junius Gian Ginting, S.Farm., M.Farm. dibantu oleh 5 orang mahasiswa STIKes Senior Medan.

Helen Anjelina Simanjuntak juga menjelaskan kegiatan yang dilaksankan di Desa Tangkahan merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi di STIKes Senior Medan dengan mewujudkan dosen mengajar di luar kampus dan mahasiswa dapat belajar untuk berkontribusi dan menerapkan ilmunya secara langsung kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Tahun 2023.