PROSES PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran merupakan proses yang sadar tujuan, yaitu untuk meningkatan aspek kognitif psikomotorik maupun afektif para mahasiswa. Pelaksanaan proses pembelajaran ini diterapkan terhadap setiap proses dari produk yang terkait dalam pelaksanaan perkuliahan. Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.
Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan metode yang beragam, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber. Selain itu, diharapkan dapat membentuk karakteristik yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan berpusat kepada mahasiswa.
Dengan adanya interaksi antara dosen, mahasiswa, sumber pembelajaran dan lingkungan maka pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan metode diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, kolaboratif, kooperatif, proyek based, problem based, dan lainnya.
Pelaksanaan pembelajaran di PSM merupakan suatu proses untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.