Berita

Pj Gubsu Hadiri Perayaan Dies Natalis ke-25 STIKes Senior Medan Dirangkai Perayaan Ultah ke-70 Pembina Yayasan Senior Power Medan Luminta Br Manullang

Pj Gubsu Hadiri Perayaan Dies Natalis ke-25 STIKes Senior Medan Dirangkai Perayaan Ultah ke-70 Pembina Yayasan Senior Power Medan Luminta Br Manullang

 
 


Perayaan Dies Natalis ke-25 STIKes Senior Medan dirangkai dengan Perayaan Ulang Tahun ke-70 Pembina Yayasan Senior Power Medan Luminta Br Manullang di Aula Prof Drs Djanter S Siahaan SH, Jalan Djamin Ginting Nomor 13 Medan, Kamis (06/06/2024).

Harih pada perayaan tersebut memberikan orasi ilmiah Penjabat (Pj) Gubernur Sumateta Utara (Sumut) Hassanudin mengharapkan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan tetap berkomitmen menjaga mutu lulusan, sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan yang unggul, terampil dan berkararakter, untuk ikut membangun Sumut di bidang kesehatan.

“Kami (Pemprov Sumut) terus mendorong STikes Senior Medan agar senantiasa menghasilkan SDM kesehatan yang kompetitif, berdaya saing untuk menjawab tantangan pelayanan kesehatan dan tuntutan publik yang semakin komplek,” kata Pj Gubernur.

Menurut Pj Gubernur, ada beberapa hal dalam mempersiapkan SDM kesehatan yang unggul, di antarnya perlunya komitmen untuk memperkuat sarana dan prasaran yang mengikuti perkembangan teknologi kesehatan saat ini, termasuk kurikulum dan tenaga pengajar, yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Selain itu, kemampuan untuk berkolaborasi dan membangun jejaring dengan pusat keunggulan, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, lembaga riset, rumah sakit, bahkan jaringan kerja sama yang lebih luas.

“Tadi kita telah mendengar STIKes Senior Medan telah berkolaborasi dengan Pemkab Taput, Humbahas, Toba, Langkat, Simalungun, Nias, dan Labuhanbatu, kita perlu memberikan apresiasi atas komitmen STIKes Senior Medan ini membantu Pemprov Sumut mempersiapkan SDM bidang kesehatan,” jelasnya.

Pj Gubernur juga menyampaikan, perkembangan pembangunan kesehatan di Sumut terus membaik, seperti angka harapan hidup meningkat, kematian anak dan ibu menurun. Namun masih menjadi tantang adalah permasalahan stunting.

“Prevalensi stunting di Sumut tahun 2023 sebesar 18,9 %, terendah ke- 9 secara nasional. Kita berharap dunia pendidikan juga ikut andil, termasuk STIKes Senior agar prevelansi stunting di Sumut bisa terus turun,” harapnya, sembari mengucapkan selamat kepada STIKes Senior Medan, yang telah memasuki usia 25 tahun.

BACA JUGA:  Gubsu, Edy Rahmayadi Serahkan Penghargaan Kepada STIKes Senior Medan Selaku PTS Terbaik

Semantara Pembina Yayasan Senior Power Medan Luminta Br Manullang menceritakan perjalanan berdirinya STIKes Senior Medan, atas kegigihan beliau bersama Alm Djanter S Siahaan seorang PNS di Kabupaten Langkat
“Dulu saya bersama suami Alm Djanter S Siahaan membuka sekolah swasta tingkat SMP, SMA di Kabupten Langkat.

Setelah itu bapak bercita-cita membuka Akademi Kebidanan Senior Medan, yang berdiri tahun 2001 dengan memiliki satu program studi yaitu D-III Kebidanan.

Seiring berjalannya waktu pada tahun 2014, Akademi Kebidanan Senior Medan berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan,” jelasnya.

Saat ini STIKes Senior Medan memiliki 6 Program Studi (Prodi) yakni Prodi S1 Farmasi, S-1 Kebidanan, D-III Kebidanan, D-III Analis Kesehatan, D-III Radiodiagnostik & Radioterapi dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan.

STIKes Senior Medan juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa Kabupaten di Sumut yakni Pemkab Taput, Humbahas, Toba, langkat, Simalungun, Nias, dan Labuhanbatu. Luminta berharap, di usia 25 tahun STIKes Senior Medan bisa terus menghasilkan SDM bidang kesehatan yang unggul dan go internasional.

Tokoh masyarakat dan juga mantan Sekdaprov Sumut RE Nainggolan menyampaikan Selamat Dies Natalis ke-25 dan juga selamat ulang tahun kepada bere kami .

RE Nainggolan juga menyampaikan , kami sangat bangga kepada bere kami yang telah sukses memimpin suatu perguruan tinggi kesehatan di tengah – tengah kota Medan ini.

BACA JUGA:  Kak Seto Kutuk Kasus Pencabulan Dilakukan Suami Wakil Bupati Labuhanbatu

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumatera Utara Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D. menyampaikan, kami sangat mendukung capaian yang telah dicapai STIKes Senior Medan .

Titi perkembangan karir terus naik para dosen maupun mahasiswa agar terus membuat karya ilmiah untuk kesehatan untuk memajukan STIKes Senior kedepan, katanya.

Ketua APTISI Sumut Wilayah I, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E.,M.M menyampaikan, STIKes Senior Medan merupakan sekolah tinggi yang diminati di Sumatera Utara, karena sekolah tersebut merupakan sekolah tinggi satu-satunya yang mengalami perkembangan yang sangat pesat , kata Indrawan.

Ketua ABPPTSI Sumut Prof Dr H Bahdin Nur Tanjung MM. Menyampaikan bahwa ibu L br Manullang ini kelahiran 6 Juni sehingga pada hari ini genap usia ibuk L.Manullang 70 tahun.

Bahdon juga menyampaikan, walaupun usia ini itu sudah 70 tahun masih tegas dalam memimpin sebuah perguruan tinggi.

Karena STIKes Senior yang ibu pimpin sangat diminati masyarakat Sumatera Utara dan.mengalami.perkembanhan sangat pesat sama seperti hotel yang dibangun di Bakkara juga mengalami perkembangan, kata bahdin.

Akhir sambutannya bahdin menyampaikan selamat Dies Natalis ke-25 dan selamat Ulang Tahun ke – 70 semoga terus sehat dan sukses, kata Bahdin.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Naslindo Sirait, mantan Sekdaprov Sumut RE Nainggolan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Saiful Anwar Matondang, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah 1 Sumut Muhammad Isa Indrawan, Dosen, para mahasiswa dan Ikatan Alumni STIKes Senior Medan.